Moch Arief Rahman Saleh

Blog 2 KJ 2

Search

Macam-macam Jaringan



* LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umunya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

* MAN ( Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang areanya relative lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Jaringan ini menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, misalnya jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

* WAN ( Wide Area Network ) adalah jaringan yang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BRI yang ada di Indonesia.


Tapi bukan itu saja ada juga jaringan komputer berdasarkan media yang menghubungkan perangkat dan juga berdasarkan bentuk hubungan perangkatnya.


yang saat ini adalah:
10/100/1000-Base-T Ethernet, bentuknya Star network, karena semua komputer/perangkat terhubung ke satu titik network (Hub/Switch).
10-Base-2 Ethernet, bentuknya Bus/Garis, dimana komputer pertama disambung ke komputer kedua dan dilanjutkan ke komputer ketiga dan dilanjutkan ke komputer keempat, dst, sehingga seperti rangkaian kereta.
Token Ring, bentuknya Ring/Melingkar, dan jalannya data akan bergerak ke satu arah.
Radio Mesh, dimana tiap komputer terhubung ke semua komputer yang ada disekitarnya, dan juga sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar